Rabu, 09 Oktober 2013

1. Ruang Lingkup Bisnis


1. PENGERTIAN BISNIS DAN JENISNYA
Menurut arti dasarnya bisnis memiliki makna sebagai the buying and selling of goods and services.
- Bisnis adalah pertukaran barang, jasa atau uang yang saling menguntungkan atau memberikan manfaat.(Skinner,1992)
- Pengertian Bisnis dapat dibedakan dalam pengertian yang sempit dan pengertian yang luas. Jika kita berorientasi pada pengertian yang sempit maka bisnis tidak lain dari fiksi. Sedangkan dalam arti yang lebih luas, bisnis merupakan usaha yang terkait erat dengan dunia ekonomi juga politik. Hal ini disebabkan dunia ekonomi dan dunia politik pada dasarnya merupakan suatu hubungan yang saling tergantung, dan yang turut mencerminkan efektifitas suatu masyarakat dalam gerak usahanya. (J.S. Nimpoena(1985)).

Secara konsep, bisnis dapat digambarkan sebagai berikut: 
  • Bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisir untuk menghasilkan dan menjual brang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
  • Bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyrakat.
Jenis kegiatan bisnis
Ruang lingkup kegiatan bisnis sangat luas, akan tetapi pada dasarnya kegiatan bisnis dapat dibagi menjadi 3 aspek, yaitu :

1.      Aspek Produksi : kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
2.      Aspek Distribusi : kegiatan pemindahan barang dari produsen kepada konsumen.
3.      Aspek Konsumsi : kegiatan penggunaan barang dan jasa oleh konsumen.
   
2.TUJUAN BISNIS
  1. Profit (keuntungan): berbisnis untuk memperoleh laba.
  2. Growth (pertumbuhan): berbisnis untuk pertumbuhan ekonomi.
  3. Continuity (berkesinambungan): berbisnis dengan tujuan kontinu.
  4. Stability (stabilitas): berbisnis untuk kestabilan keuangan.
  5. Public service (pelayanan umum): berbisnis untuk membuka pelayanan umum
  6. Welfare (sejahtera): berbisnis untuk kesejahteraan.
3.SISTEM PEREKONOMIAN DAN SISTEM PASAR
a.       Sistem Perekonomian
1.   Kapitalisme : Setiap orang bebas memiliki kekayaan,perusahaan, bersaing secara bebas dalam pasar, dan menentukan miliknya kemudian. Dalam hubungannya dengan pasar, seseorang bebas memilih dan membuat barang dan jasa yang diinginkan.
2.   Sosialisme : Seseorang relatif bebas untuk memilih usaha, tetapi pemerintah turut campur tanagn dengan berusaha menyesuaikan kebutuhan individu dengan kebutuhan masyarakat.
3.   Fasisme : Pada sistem perekonomian fasisme, orang bebas memilih tempat yang diinginkan namun harus atas persetujuan pemerintah.
4.   Komunisme : Pada sistem perekonomian komunisme, hak milik seseorang dihapuskan, semua masyarakat adalah karyawan negara. Di sini negara yang menentukan semua perekonomian, kebebasan politik diawasi secara ketat.


b.      Sistem Pasar
1.   Pasar persaingan sempurna
Pasar dimana dalam suatu industri terdapat sangat banyak penjual maupun pembeli dan produk yang diperdagangkan bersifat homogen.
2.   Pasar monopoli
Pasar dimana dalam sebuah industri hanya terdapat sebuah perusahaan dan produk yang dihasilkan tidak memiliki pengganti yang sempurna.
3.   Pasar persaingan monopolistis
Pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang berbeda corak (Differentiated Product) dan pada dasarnya adalah pasar yang berada diantara dua pasar yang ekstrim, yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli.
4.   Pasar Oligopoli
Pasar yang hanya terdiri dari beberapa produen saja yang menghasilkan barang standar maupun barang yang berbeda coraknya, dengan kemampuan menentukan harga ada kalanya kuat maupun lemah dan biasanya memerlukan promosi. Jika hanya dua perusahaan disebut duopoli.

4. KESEMPATAN BISNIS
Mencari peluang dan tertarik dengan keuntungan yang akan didapatkan serta mencari produk,jasa,pasar, dan pelanggan baru.
 
5. Unsur-unsur Penting Dalam  Ekonomi
  • Keinginan manusia
  • Faktor-faktor produksi 
  • Cara-cara berproduksi(Techniques of production 
6. Hakikat Bisnis
Hakekat bisnis merupakan sarana yang dapat digunakan untuk mengembangkan ide yang dimiliki. Dengan mengembangkan ide yang ada, berarti kita memiliki keberainian untuk berkembang. Bisnis adalah langkah utama untuk berwirausaha. Di zaman era modern ini berbisnis sangat diperlukan sekali. Karena perkembangan penduduk yang luar biasa, kita tidak mungkin hanya berharap untuk bekerja di kantor saja karenamkantor tidak mungkin menampung semua manusia produktiv yang ingin bekerja. Oleh karena itu dengan mempelajari pengantar bisnis ini maka kita di harapkan dapat mengetahui apa yang  menjadi landasan dalam memulai bisnis.

7. ALASAN MENGAPA PERLU BELAJAR BISNIS 
  • Adanya saling ketergantungan.
  • Adanya peluang internasional.
  • Usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan standar hidup.
  • Adanya perubahan

http://chibechan.wordpress.com/2012/01/09/ruang-lingkup-bisnis/
http://nindiaryanie.blogspot.com/2011/11/ruang-lingkup-bisnis.html 
http://diananataliaketaren.blogspot.com/2012/11/tugas-pengantar-bisnis-ruang-lingkup.html

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar